Friday, October 12, 2012

Air Waduk Kedung Ombo Diperkirakan Akan Habis Dalam Waktu 2 Bulan




Waduk Kedung Ombo merupakan tandon air terbesar di wilayah kabupaten Grobogan, Boyolali, dan sekitarnya.Manfaat dari adanya pembuatan waduk Kedung Ombo  ini sangat terasa khususnya bagi sektor pertaniaan yang dialiri oleh waduk ini.Namun apa jadinya apabila tandon air di waduk ini semakin menipis?
Simak laporan dari Editor regional.kompas.com, Nasru Alam Aziz berikut ini :



KUDUS, KOMPAS.com -- Persediaan air Waduk Kedung Ombo di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, hanya cukup untuk mengairi sawah selama 55 hari atau sekitar dua bulan ke depan, jika tidak turun hujan. Untuk itu, para petani perlu menghemat air agar tidak cepat habis.

Kepala Balai Pengelola Sumber Daya Air Serang-Lusi-Juwana (BPSDA Seluna) Noviyanto mengatakan, volume air Waduk Kedung Ombo saat ini 454,23 juta meter kubik. Debit air yang dibuka sebesar 65 liter per detik per hari selama 24 jam.

Apabila gelontoran air itu hanya digunakan untuk petani sawah irigasi, stok air bisa untuk 65 hari ke depan. Namun apabila pada 15 Oktober para petani sawah tadah hujan juga memanfaatkan air itu dengan pompa, persediaan air hanya sampai 55 hari ke depan.

"Kami berharap hujan benar-benar turun pada November, seperti yang diperkirakan BMKG Jawa Tengah. Sementara ini, kami telah meminta kelompok petani untuk menghemat air," kata Noviyanto, Jumat (12/10/2012).

Editor : Nasru Alam Aziz

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...