Sunday, January 15, 2012

" Kicauan " Atau Twitt Di Twitter Tidak Lagi Dimasukan Dalam Mesin Pencarian Google

     Ini merupakan info dari Mesin Pencari Google yang terbaru yang melibatkan akun jejaring sosial Twitter.Terhitung mulai saat ini Google sudah tidak lagi memberi indeks hasil pencarian dengan simbol atau karakter @ (at) yang selama ini identik dengan jejaring sosial Twitter.Maksudnya apa?

     Untuk lebih jelasnya coba saja teman - teman masukan kata kunci '@' dilanjutkan nama akun Twitter kalian masing - masing pada mesin pencari Google. Bagaiman, hasil pencarian yang kalian ketik tidak seperti biasanya bukan?. Google sudah tidak mengenali simbol '@' tersebut dan tweet-tweet akun Twitter yang dimaksud tidak muncul di hasil pencarian.

     Sebagai contoh lain misalnya, jika teman - teman mencari akun Twitter saya, yakni @Sunoto AW, yang dulunya hasil pencariannya mengarah pada akun Twitter saya, namun sekarang hasil pencarian yang keluar adalah berbagai macam site dan info yang didalamnya menggunakan kata - kata sunoto.Selain itu juga, di hasil pencarian tersebut tidak akan ditemui tweet atau kicauan yang pernah diposting oleh akun saya @Sunoto AW.Mengapa bisa demikian?

     Sebelumnya, memang diantara Google dan Twitter telah terikat kontrak yang menerangkan bahwa hasil kicauan pengguna Twitter dimasukkan dalam hasil pencarian real time mesin pencari Google.Ini dilakukan Twitter mengingat setiap harinya ada 200 juta kicauan yang dilontarkan melalui Twitter. Akan tetapi, pada bulan Juli 2011 tahun lalu, kontrak diantara keduanya,  perusahaan antara Twitter dan Google telah berakhir.Dan dari pihak Twitter pun tidak memperpanjang kontrak tersebut.

     Pihak Twitter sendiri mengungkapkan kekecewaannya atas apa yang dilakukan oleh Google. Langkah ini bisa jadi merupakan strategi Google untuk menghentikan dominasi Twitter di ranah jejaring sosial. Bisa saja karena Google mungkin hendak menaikkan popularitas jejaring sosial milik mereka sendiri, yakni Google+.

     Google memang menjadi andalan pengguna internet untuk hasil pencarian yang relevan selama ini. Namun kenyataannya, ternyata Google lebih memutuskan untuk tidak memasukan indeks kicauan Twitter dan membuat strategi baru agar Google+ berada di garis depan hasil pencarian.

     Dan tentunya, hal ini sedikit banyak juga akan mengurangi kepuasan para pengguna Google yang hendak mencari kicauan mereka di Twitter.

     Nah bagi teman - teman sendiri, bagaimana tanggapan kalian tentang hal ini.Apa ada yang merasa keberatan?Kalau saya sendiri mau gimana lagi, nggak bisa berbuat banyak.Diberi kesempatan oleh Google untuk blogging didunia internet saja sudah untung,hehe...!!!

Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...