Sunday, March 18, 2012

Pilih Kompor Gas Atau Kompor Listrik?




Kompor Gas

     Dalam era jaman sekarang, kompor gas bukanlah barang asing lagi bagi kita, hampir bisa dipastikan adalah juga merupakan sebagai salah satu kebutuhan pokok, yang digunakan sebagai sumber energi rumah tangga terutama untuk memasak.

     Bagi kaum hawa atau khususnya para ibu, pengetahuan tentang kompor untuk jaman sekarang perlu sedikit untuk diketahui, walaupun memang asing – masing orang memiliki preferensi yang berbeda saat memasak, namun tidak ada salahnya untuk belajar memahaminya

     Saat ini telah menjadi trend, terutama bagi para penghuni apatemen kelas atas, untuk menggunakan kompor listrik dalam ruangan. Karena masing-masing kompor memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, untuk itu di SUN MEDIA SHARED, mari kita bedah sedikit tentang perbedaan antara pengunaan kompor gas dan kompor listrik.

Definisi

     Kompor Gas: Ini adalah bentuk konvensional memasak di mana pasokan gas terkompresi (Elpiji) digunakan untuk memberi bahan bakar kompor. Biasanya gas dinyalakan di lubang kompor dengan handel pengatur besar gas, atau sistem otomatis pengapian. Keuntungan terbesar dengan kompor gas adalah kemampuan untuk menyesuaikan intensitas api dengan mengendalikan aliran gas melalui nozel outlet.

     Kompor listrik: Sebuah kompor listrik memiliki gulungan logam, sehingga aliran listrik yang melaluinya menyebabkan mereka memanas. Panas ini akan dipindahkan ke panci masak melalui konveksi atau radiasi. Ini adalah prinsip di belakang memasak dalam oven listrik.

Bagaimana dengan Instalasi kompor ?

     Kompor listrik mendapat ‘two thumbs up’ karena sangat mudah untuk menginstal-nya. Anda hanya perlu mencari tempat yang nyaman dekat sumber listrik. Di sisi lain, ketika menginstal kompor dengan tabung gas Anda akan baik memerlukan saluran gas atau tabung gas. Ini jauh lebih rumit dan melelahkan daripada plug sederhana dan memasak di kompor listrik.

Kompor Gas vs Kompor Listrik – Tentang Efisiensi

     Kedua jenis kompor memiliki pro dan kontra ketika datang ke efisiensi. Meskipun listrik adalah bahan bakar lebih bersih dan lebih murah, memasak makanan lebih cepat dan lebih baik di kompor gas. Di masa lalu, kenaikan harga minyak dan gas telah memberikan peluang besar untuk kompor listrik untuk mengklaim bahwa mereka lebih efisien. Namun disisi lain, kubu kompor gas telah mulai mempromosikan penggunaan teknologi tekan yang membuat penggunaan kompor mereka lebih efisien.

Perbandingan Tentang Biaya


     Kompor listrik umumnya lebih murah daripada kompor gas. Namun, perbedaan harga antara kedua dapat sangat bervariasi untuk model yang berbeda. Perbedaan biaya bisa mencapai antara 100 ribu hingga 10 juta rupiah, yang sebagian besar tergantung pada model dan fitur-fiturnya. Permukaan yang lebih besar dan teknologi yang efisien dan baru dapat menciptakan harga yang lebih tinggi.

Kompor Gas vs Kompor Listrik – Soal Kenyamanan

Kompor Listrik

     Memasak dengan kompor gas jauh lebih nyaman dan lebih cepat. Mereka mampu mengontrol jumlah panas yang dikirimkan ke panci memasak. Ini adalah keunggulan utama nilai kompor gas atas kompor listrik. Dalam aspek lain, memilih kompor listrik atau gas, akan sangat tergantung pada kebutuhan dan preferensi sang koki.

     Kompor biasanya dilengkapi dengan pembakar tertutup yang meminimalkan kekacauan jika terjadi tumpahan di kompor tersebut. Satu sisi lain, kompor burner dengan kumparan listrik umumnya memiliki panci infus dilepas, tetapi mereka dapat memerlukan pembersihan yang lebih sering dan bisa menjadi kusam dan kotor dengan makin banyaknya penggunaan.

Kompor Gas vs Kompor Listrik – Keamanan dan Bahaya

     Semua orang menggunakan kompor gas harus diingat bahaya gas banyak yang menyertainya. Pastikanlah tidak ada jenis cairan yang mudah terbakar atau adanya kebocoran gas di rumah. Disarankan bahwa setiap pemilik rumah harus memiliki detektor kebakaran dan karbon monoksida.

     Kompor listrik berbeda, jauh lebih aman daripada kompor yang memakai gas. Sebagai satu-satunya yang perlu pedulikan si pemakai adalah listrik. Banyak orang yang tidak percaya diri menangani gas, lebih suka pergi untuk kompor listrik. Mereka membenci gagasan menyalakan kompor bahkan dengan sistem pengapian elektronik yang paling aman. Pemilik rumah tersebut mungkin lebih memilih memakai kompor listrik, terlepas dari apa pun kekurangannya ada.

     Semua hal ini, yaitu tentang pemilihan kompor gas vs listrik, seperti halnya alat rumah lain, perbandingan dan pengetahuan tentang fitur dapat menguntungkan konsumen ketika memilih kompor. Memilih untuk satu di atas yang lain akan tergantung pada preferensi pengguna dan kebutuhan rumah tangganya.

Semoga bermanfaat.***
Sumber : komporgas.net
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...