Monday, April 23, 2012

Kopi Bagi Kesehatan Kita, Bermanfaat Atau Merugikan?

     Bagi teman - teman yang suka dan  kecanduan akan kopi, mungkin artikel tentang manfaat kopi yang saya tulis di SUN MEDIA SHARED ini akan menjadi sebuah alasan bagi kalian untuk terus melanjutkan " tradisi minum kopi ".

     Memang, secara umum semua orang mungkin akan merasa heran apabila mendengar kata manfaat kopi untuk kesehatan, apa memang benar kopi bermanfaat bagi kesehatan kita, iya nggak?Nah bagi yang tidak percaya akan hal itu, kita kembalikan saja pada sang pencipta.Ingat bahwa semua yang diciptakan oleh Tuhan itu pasti ada manfaatnya.Dan memang ternyata dibeberapa penelitian telah terungkap bahwa kopi memang juga bermanfaat buat kita, meskipun ada sedikit pembatasan dan penekanan pada penggunaan dan konsumsi kopi yang benar.Segala sesuatu kalau berlebihan juga tidak baik, bukan?

Manfaat kopi jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan dapat menurunkan resiko kita dari beberapa penyakit di bawah ini, antara lain :
  • Menurunkan resiko terkena penyakit jantung sekitar 25%
  • Menurunkan resiko terkena penyakit diabetes sekitar  60%
  • Menurunkan resiko terkena penyakit Demensia ( gangguan ingatan) sekitar 65%
  • Penyakit Kanker usus besar dan hati sekitar 25%
  • Penyakit Batu empedu sekitar 50% penurunan resiko
  • Penyakit Parkinson sebesar 80% karena kopi mengandung kafein
  • Meredakan Migrain atau sakit kepala
  • Membantu penyakit asma dan bronkitis oleh sebab kandungan kafeinnya
  • Dan manfaat kopi juga dapat didapat dari senyawa anti-perekat dan anti-bakteri yang mampu melindungi gigi berlubang.

Berikut Adalah Beberapa Penelitian Yang Terkait Dengan Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi sangat kaya akan Antioksidan yang yang didapat dari  asam caffeic dan asam chlorogenic yang terkandung didalamnya. Antioksidan berfungsi sebagai penetral radikal bebas yang bersifat korosif yang bisa menyebabkan peradangan kronis dan kerusakan sel tubuh. Dan hasilnya adalah masalah kasus kanker usus besar dan masalah kanker hati bisa turun resikonya. Hal ini telah dilakukan dan dibuktikan melalui sebuah penelitian jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention kepada lebih dari 60.000 orang. Antioksidan juga berguna bagi kesehatan kulit.

Tapi hasil penelitian tersebut tidak berlaku bagi penderita kanker payudara, malah sebaliknya senyawa trigonelina yang dihasilkan kopi mungkin berbahaya untuk kanker payudara. Tapi tetap Esterogen yang dihasilkan melindungi pembentukan tumor pada kasus kanker usus besar.

Dalam suatu penelitian yang lain mengungkapkan bahwa asam Chlorgoenic yang ditemukan di dalam kopi bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Kafein bisa juga meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan pengeluaran energi langsung dalam jangka pendek. Dengan demikian manfaat kopi mampu meningkatkan kerja tubuh untuk menghasilkan insulin sehingga menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Kopi sama dengan kayu manis yang bisa membantu diabetes namun dengan cara kerja yang lain.

Dalam sebuah penelitian  di John Hopkins University disimpulkan bahwa manfaat kopi juga dapat membuat orang merasa tenang, senang dan bahagia dengan cara memompa dopamin ke dalam aliran darah. Namun kalau mengonsumsi kopi dengan berlebihan, maka timbul kecemasan. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan kopi yang memang menghasilkan senyawa stimulan kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan pada individu dengan cara merangsang sistem saraf.  Manfaat kopi yang lain adalah bisa mengatur tekanan darah dan fungsi usus yang ada di tubuh kita. Oleh karena itu harus ada takaran yang sesuai dengan kebutuhan kita agar dapat mendapatkan manfaat kopi.

Kopi dari Indonesia sudah diteliti oleh ilmuwan dari negara barat, bahwa dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Pada tahun 2009, ada sebuah penelitian tentang manfaat kopi dan hasilnya adalah: orang yang meminum kopi dengan jumlah sedang 3 sampai 5 cangkir sehari akan menurunkan resiko terkena penyakit Demensia dan Alzheimer.

Kopi bisa merangsang nafas agar selalu lancar. Lagi lagi karena kandungan kafein yang bisa merangsang pernafasan. Hal ini kemudian dijadikan sebagai penyembuhan penyakit asma maupun bronchitis. Orang yang selesai melakukan tindakan operasi biasanya juga menggunakan kafein sebagai obat untuk merangsang dan melancarkan pernafasan.

Manfaat kopi buat kita yang sedang diet bisa kita dapatkan. Karena kopi bisa membantu dalam pembakaran kalori yang berlebih dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh kita. Sebelum berolahraga dipagi hari biasakan untuk meminum kopi terlebih dahulu. Secangkir kopi di pagi hari bisa menambahkan energi langsung jangka pendek,  sehingga olahraga kita tidak mengenal lelah dan program diet kita pun akan maksimal.

Manfaat kopi lain adalah dengan konsumsi kopi secara teratur maka ginjal kita menjadi lebih bersih dengan cara menghasilkan urin yang lebih banyak yang mampu menghilangkan racun di dalam tubuh kita.

Penelitian terbaru tentang manfaat kopi telah menghasilkan biji kopi sebagai pengganti bahan bakar.
Alangkah bersihnya dunia kita bila hal ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan manusia. Polusi udara dapat ditekan karena ada bahan bakar baru yang lebih ramah lingkungan.

Yang terakhir adalah manfaat kopi untuk kesehatan akan bekerja secara maksimal dan mendapatkan keuntungan dengan peningkatan kualitas hidup kita bila dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Kurang dari 5 cangkir sehari kita akan mendapatkan manfaatnya.

Semoga bermanfaat.***

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...