Saturday, June 30, 2012

Solusi Penyelesaian Rubik 3x3 Dengan 7 Tahap


     Berawal di hari seminggu menjelang bulan ramadhan, tepatnya 2 tahun yang silam.Saya sempat berpikir untuk membuat sebuah kesibukan untuk mengisi kekosongan aktivitas saya di bulan ramadhan nantinya.Yang memang kebetulan keseharian saya yang saya habiskan lebih banyakdiseputar dunia entertainment, hiburan.

     Memang dibulan ramadhan kita lebih diutamakan untuk menambah amal dan ibadah kita.Namun tidak ada salahnya bukan, kalau kita membuat sebuah aktivitas atau kesibukan untuk mengganti aktivitas kita yang tidak kita lakukan di bulan ramadhan.Dengan tanpa meninggalkan hal - hal yang dianjurkan dibulan ramadahan

    Ide untuk bermain rubik sebagai kesibukan di bulan ramadhan secara tak sengaja terbersit ketika saya  melihat seorang anak kecil sedang sibuk sendiri berkutat dengan rubiknya.Sehingga timbul lah gagasan saya untuk ikut mencobanya.Dan memang pada waktu itu saya sendiri juga belum pernah sama sekali memainkannya.

     Bagi teman - teman yang masih penasaran dengan yang namanya Rubik, belum tahu cara penyelesaiannya bisa kalian pelajari disini di SUN MEDIA SHARED . Hanya dengan mempelajari tehkniknya yang kemudian dimengerti, dan sedikit menghapal rumus - rumusnya pastinya gak akan sulit.Mari kita coba!

    Nah, sebagai pendahuluan, kita harus mengenal rubik terlebih dahulu.Disini kita akan belajar dengan yang paling mudah tingkatannya terlebih dulu, yakni Rubik 3x3.Belajar mengetahui Rumus rubik 3×3 untuk pemula adalah merupakan tingkat dasar dalam bermain rumus rubik 3×3.Dan ini memang harus kita pahami dulu,karena pada dasarnya dalam  memecahkan suatu masalah kita harus mengenal secara detail hal - hal dari yang terkecil dalam masalah tersebut.

     Dalam methode ini kita akan menyelesaikan  dengan melalui 7 tahapan,mulai dari membuat cross putih sampai pada menyusun layer terakhir.Sebelum belajar rubik cube ada baiknya kita tau dulu notasi dari rumus rubik.Dan perhatikan gambar rubik berikut ;

rumus rubik 3x3

     Untuk memahami Rubik kita harus mengenal 6 sisi Rubik tersebut, yang nantinya akan kita jadikan sebagai rumus dalam penyelesaiannya.nah sisi tersebut.antara lain;
R “right” = kanan
L “left” = kiri
U “Up” = atas
D “Down” = bawah
F “Front” = depan
B “Back” =Belakang

     sedangkan untuk cara memutarnya jika notasi R artinya memutar searah jarum jam dan jika ditambah tanda ‘ menjadi R’ Maka rubik diputar berlawanan arah jarum jam.Setelah paham, langsung saja kita menuju 7 tahap penyelesaiannya.

7 langkah Penyelesaian Rubik 3X3 :
Tahap 1 adalah membuat cross putih ( tanda plus dengan warna putih ).
Tahap ke 2 membuat layer pertama dengan menyelesaikan warna putih rumus nya R U R atau L’ U’ L.
Tahap ke 3 menyusun layer ke 2 atau setengah jadi, rumus nya U’L'UL UFU’F’ atau URU’R’ U’F'UF
Tahap ke 4 menyusun rubik 3×3 adalah menyusun cross kuning.pada kondisi ini terdapat 3 rumus
salah satunya FRU R’U'F’ fRU RUf
Tahap ke 5 membuat sisi atas semuanya berwarna kuning rumus nya RUR’U RU2R’
Tahap ke 6 adalah menyusun/ corner semua warna atas.rumus nya RU2 R’U’ RU2 L’UR’ U’L
Dan tahap terakhir dengan 2 kondisi menyamakan warna searah jarum jam rumus nya adalah F2 (U) LR’F2 (L’R) (U) F2 dan jika berlawan jarum jam rumus nya adalah F2(U’) LR’F2 RL’ (U’) F2.

     Untuk lebih jelasnya, lihat video berikut dibawah ini.Video penyelesaian Rubik 3x3 ini diupload oleh Robert Mingliang yang saya Copy dari You Tube :

video rubik 3×3 part 1 :


 

 video rubik 3×3 part 2 :
 
   

video rubik 3×3 part 3 :

    

Video penyelesaian Rubik 3x3 diatas berdurasi antara 5 sampai 9 menit.Untuk awal - awalnya dalam  mencobanya mungkin kalian akan agak merasa kesulitan.Seperti halnya dengan pertama kali saya mencobanya, namun dengan disertai tutorial video penyelesain rubik diatas tersebut, tentunya akan lebih memudahkannya.       Bagi teman - teman yang ingin mendownload videonya via ponsel, kalian bisa mendownloadnya langsung di Vuclip.Atau apabila ingin menonton langsung di You Tube, bisa menuju kealamat berikut : https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=jzrwsdhpzA4, atau klik disini Rubik You Tube 3x3.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba! 

2 comments:

  1. Wah gan, tutorial anda sudah bagus sekali untuk solusi rubik 3x3 tahap pemula.

    Terima kasih untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan nya tentang rubiks cube.

    oh ya sekedar info, kami adalah toko rubik online yang menjual berbagai macam jenis rubik cube dan twisty puzzles mulai dari ukuran 2x2 - 11x11 dengan harga murah, kualitas terbaik dan model terlengkap.

    main-main ke toko rubik kami di www.jocubes.com ya. Thank you :)

    ReplyDelete
  2. Wah, thanks banget atas info toko rubiknya,Sob, rencana memang mau menambah koleksi rubik saya.....

    ReplyDelete