Sunday, January 27, 2013

Keuntungan Menjadi Seorang Bujangan

 photo MasterMind500_zps3f525a75.jpg



     Pernah dengar lirik lagu berikut dibawah ini?, kalau yang benar - benar pecinta dangdut dan mengaku sebagai " Rhomania " atau fans Rhoma, pasti tahu tentang lagu ini :

" Katanya enak menjadi bujangan 
Ke mana-mana tak ada yang larang
Hidup terasa ringan tanpa beban 
Uang belanja tak jadi pikiran 

O, bujangan ... bujangan
 Bujangan ... bujangan

Enaknya kalau jadi bujangan 
Hidup bebas bagai burung terbang
Kantong kosong tidak jadi persoalan....

Lagu tersebut judulnya adalah BUJANGAN, yang dipopulerkan oleh Raja Dangdut Rhoma Irama.Lagu ini dapat kita jumpai di Album Musik OM Soneta Volume 16 Bujangan .Yang ingin mendownloadnya silahkan klik di url berikut ini untuk mendapatkan link downloadnya : Free Download Mp3 Bujangan OM Soneta Volume 16

Namun disini saya tidak akan membahas tentang lagu tersebut, namun lebih menitik beratkan tentang makna dan arti secara luas tentang seorang bujangan di dalam bersosialisasi.Dalam hal ini saya fokuskan adalah tentang keuntungannya menjadi seorang bujang.Atau dalam bahasa gaul atau kerennya Jomblo.

Nah, kalau menurut kalian sendiri apa sih untungnya menjadi seorang bujangan? Kalau menurut Rhoma Irama dalam lirik lagu diatas, jelas adalah tentang kebebasan.Bebas dengan pikiran tentang kebutuhan uang belanja.Yang dimaksud adalah bebas dari tanggung jawab menafkahi keluarga, karena masih sendirian.

Lalu apa keuntungan lainnya didalam berinteraksi dengan masyarakat luas atau dengan tetangga apabila masih menyandang gelar sebagai seorang Bujangan atau Jomblo?Mari kita baca bersama wacana berikut dibawah ini :

 photo MasterMind500_zps3f525a75.jpg


Bebas Bertemu Teman dan Siapa Saja
Apabila banyak dari teman kita yang mengeluh dikarenakan jarang sekali bertemu sejak kita mempunyai kekasih atau pacar, sepertinya ada yang salah dengan hubungan kita dan si dia. Teman apalagi sahabat adalah orang terdekat yang setiap saat membantu. Bila kita tak punya pacar atau masih membujang, kita bebas untuk bertemu dengan siapa saja, semisal dengan teman-teman dekat kita.
Mudah Dalam Menjalin Hubungan Baru
Mungkin banyak diantara kalian lajang yang merasa sedih dan putus asa, karena belum dapat pacar atau pasangan sampai saat ini. Itu pikiran yang keliru, jadi seorang bujang bukan berarti kita sendirian atau kesepian. Justru kita mempunya banyak waktu untuk bertemu dengan orang baru, dan menjalin pertemanan baru dengan siapa pun tanpa dicemburui oleh siapa pun.
Memikirkan Diri Sendiri
Boleh percaya boleh tidah, tapi ini fakta.Bagi yang sudah mempunya pasangan, tentunya pikiran kita mau tidak mau akan terbagi untuk memikirkan kepentingan pasangan dan diri kita sendiri. Bahkan seringkali, kita terpaksa mengorbankan waktu pribadi untuk pasangan. Bandingkan dengan menjadi seorang bujang, kita akan  punya banyak waktu memikirkan diri sendiri.
Terhindar Dari Stres
Saya seringkali menjadi tempat curhat dari beberapa teman, diantaranya ada yang selalu curhat mengenai kebiasaan buruk pasangannya dan juga sikap keluarganya yang belum bisa menerima dirinya sepenuhnya. Akibatnya, konsentrasi dia terganggu dan akan mudah mengalami stres. Bila kita lajang, hal itu tidak terjadi. Namun dengan catatan, bahwa kita harus menerima dan enjoy dengan status lajang atau bujang kita, kalau tidak, ya tetap saja Kalian stres, ya nggak?
Bujang Tidak Banyak Mengeluarkan Biaya
Tak perlu menyiapkan dana untuk dua orang apabila kita pergi ke mana-mana. Memang, didalam berpacaran, ada juga pacar yang mau berbagi gantian mentraktir makan. Akan tetapi, berapa banyak yang seperti itu? Justru yang umum terjadi adalah kita yang membayari.Itu belum seberapa, bagaimana kalau pacar kita matre.
Mempunyai Banyak Waktu untuk Keluarga
Biasanya kalau punya pacar, waktu kita akan lebih banyak dihabiskan bersama si doi. Keluarga sering dijadikan urutan ke sekian kalinya. Nah, kalau Bujang, kita punya banyak waktu untuk keluarga.
Leluasa Dalam Mewujudkan Rencana dan Impian Sendiri
Seorang teman mendapat beasiswa ke luar negeri. Tetapi karena mau menikah, pendapat calon istrinya mesti ia dengarkan sehubungan dengan rencananya. Sialnya, calon istrinya tak mau ditinggal setelah menikah. Maka bimbanglah ia, memilh meneruskan kuliah atau menuruti permintaan calon istriinya. Kalau kita jadi bujang, kita bebas mewujudkan rencana dan impian kita.
Bisa Berkencan dengan Siapa Saja
Dengan status lajang, kita bisa berkencan dengan siapa saja. Mau menonton dengan si A, makan malam dengan si B, jalan-jalan bersama si C, tak ada yang melarang. Sambil, tentu saja, kalau masih berniat dapat pasangan, leluasa memilih mana yang pas jadi pendamping kita.
Fokus Pada Pekerjaan dan Karier
Mau bekerja akhir pekan, atau lembur, atau ditugaskan ke mana saja, demi meningkatkan karier, kita tak perlu minta izin, kecuali kepada orangtua. Tanpa pasangan, kita bisa memutuskan sendiri langkah terbaik untuk meniti karier.
Tiada Halangan Dalam Melakukan Kesenangan dan Hobi
Bayangkan bila hobi kita memancing, sementara pacar atau pasangan kita tidak suka justru hobi shopping. Atau hobi  kita bermain musik, sementara si doi gemar traveling. Bila kita lajang atau bujang, kita bebas melakukan hobi kita.
Bebas Berpakaian Menurut Kesenangan Kita
Banyak pasangan suka mengatur bahkan mengatur penampilan kita. Kalau pilihannya cocok dengan gaya, mungkin tak menjadi soal.Tetapi saat kita melajang, bebas mengenakan pakaiam apa pun yang kita sukai.
Tak Ada Wajib Lapor
Berapa kali kita harus menerima telepon atau sms dari si doi yang mengatakan kamu ada di mana, sedang apa, apa yang kamu lakukan, sudah makan atau belum? Itu konsekuensi menjadi pasangan seseorang. Tetapi kalau kitaa melajang, kitaa bebas melakukan apa yang kita suka. Yang perlu kita lakukan adalah bertanggung jawab pada diri sendiri.

 photo MasterMind500_zps3f525a75.jpg

*** ^ ***


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...