Saturday, November 12, 2011

Biografi Artis - Aishwarya Rai

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9b/AishwaryaRai.jpg/220px-AishwaryaRai.jpg
Nama : Aishwarya Rai
Tempat Tanggal Lahir :   Mangalore, India, 01 November 1973

Biografi :

     Aishwarya Rai lahir di Mangalore India Selatan, pada 1 November 1973. Terlahir dari keluarga berpendidikan, ayahnya seorang insinyur kelautan dan ibunya seorang penulis. Aishwarya Rai sendiri juga belajar di Universitas Ruparel di Mumbai menimba ilmu arsitek.

      Selain sebagai bintang film, wanita berparas cantik ini juga menjalani karirnya di dunia modeling. Dengan bekal yang diperolehnya sebagai model, Aishwarya Rai juga mengikuti ajang Miss India pada 1994 dan kemudian mengadu nasib dengan mengikuti kontes kecantikan Miss World serta memenangkannya.

      Lepas tugas dari Miss World, Rai kemudian ikut meramaikan dunia perfilman India dengan berkarir di dunia akting. Sepanjang karir aktinganya yang gemilang, wanita yang biasa disapa Rai atau Ash ini telah membintangi 40 lebih judul film.

      Film debutnya yaitu IRUVAR yang distrudarai oleh Mani Ratnam pada tahun 1997. Namun namanya baru mencuri perhatian setelah sukses membintangi JEANS di tahun 1998. Namanya makin melejit saat memerankan seorang wanita cantik anak guru musik yang diperebutkan oleh Salman Khan dan Ajay Devgan dalam HUM DIL DE CHUKE SAANAM arahan sutradara terkenal Sanjay Leela Banshali. Rai kembali membintangi film Banshali pada 2002, DEVDAS, bersama Shahruk Khan. Kali ini Rai mendapat penghargaan aktris terbaik lewat akting cantiknya.

      Setelah mengalami pasang surut di tahun 2003-2005, Rai kembali membintangi film yang sukses di pasar, DHOOM 2 bersama aktor Abhishek Bachchan. Tahun 2007 digenggamnya dengan sukses film GURU dan JOODHA AKBAR.

      Tak hanya bermain film, kecantikannya membuat beberapa produk ternama menjadikannya spokesperson. Rai merupakan salah satu bintang Lux internasional. Majalah Time memasukkan namanya dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di seluruh dunia. Di tahun 1999, Rai bahkan menjadi wanita pertama asal India yang menjadi juri di festival film Cannes Prancis.

      Kisah cinta wanita cantik ini berkutat di dunia film. Setelah membintangi HUM DIL DE CHUKE SAANAM, Rai terlibat cinta lokasi dengan aktor tampan Salman Khan. Lama berpacaran dan sempat dikabarkan akan lanjut ke pelaminan, hubungan mereka kandas pada 2001. Rai lalu berlabuh ke pelukan aktor pendatang baru Vivek Oberoi. Namun hubungan ini hanya seumur jagung. Setelah itu Rai berpacaran dengan putra Amithab Bachchan, Abhishek, lawan mainnya dalam Dhoom 2. Mereka menikah pada 2007 di sebuah pernikahan yang tertutup untuk umum.

      Selepas menikah, Rai tetap menjalankan karir aktingnya dan kiprahnya di dunia sosial bersama sang suami dan mertua.

No comments:

Post a Comment