Monday, January 2, 2012

Untuk Apa Facebook Menurut Sunoto Agung Wibowo

     Setelah membaca status dari teman Facebook saya, Nur Khan “ Untuk apa tujuan orang menemukan Facebook itu? “, terlintaslah sebuah ide gagasan untuk membuat sebuah catatan kecil dan menambahkannya di profil facebook saya.Agar dapat dibaca oleh teman – teman semua, dengan maksud tujuan menambah wawasan, serta dapat di ambil hikmahnya.

      Kita langsung saja tajuk utama.U...ntuk apa teman – teman membuat sebuah akun Facebook?Nah, inilah sebenarnya tujuan awal yang akan saya sharing dengan teman – teman semua.

      Facebook, hanyalah sebagai alat dan prasarana, pandai – pandainya kita dalam menggunakannya.Seumpama mobil bila kita jalankan, bisa kita majukan dan juga bisa kita jalankan mundur.Bisa kita rubah arahnya sesuai dengan kehendak kita, mau kita bawa pergi ke Semarang atau ke Surabaya?.Bisa kita rubah tujuanya, untuk mengunjungi saudara atau mengunjungi kenalan?Semua tergantung dari kita sendiri, karena kita adalah sopirnya.

      Pertama saya mengetahui keberadaan akan Facebook sekitar dua setengah tahun yang silam, tepatnya bulan mei 2009.Wahh…kalau di hitung – hitung saya memang termasuk gaptek juga ya?.Coba saja kalian bayangkan, sejak peluncuran Facebook pertama kali di tahun 2004, saya mengenalnya baru di tahun 2009.Facebook sudah berulang tahun yang ke 5 kalinya, saya baru mengetahui keberadannya….jadi teringat ucapannya Tukul di tv “ nggak tahu internet yaa?Ndesoo…”.Tapi ya nggak papalah, itukan dulu yang penting sekarang sudah nggak Ndeso lagi

      Dikenalkan oleh teman saya Tri Goro, yang lantas saya dibuatkan akun olehnya juga.Yang memang pada saat itu saya memang masih buta sama sekali mengenai facebook, apalagi internet.Dan tentu saja secara otomatis saya belum piawai juga dalam menggunakannya, ibarat naik motor masih nyrempet sana nyrempet sini, kadang juga rem mendadakYa maklum lah, masih dalam tahap belajar….!Dan semenjak itulah saya mulai belajar apa itu Facebook dan apa itu Internet.

      Facebook pertama kali diluncurkan tepat pada tanggal 4 Februari 2004 dengan tujuan awal oleh Mark Zuckerberg menciptakan situs pertemanan ini yaitu sebagai media untuk saling mengenal bagi mahasiswa Universitas Harvard. Ternyata tidak perlu memakan waktu lama hanya dalam rentang 2 minggu saja hampir seluruh mahasiswa Universitas Harvard ikut mendaftar dan memiliki account di Facebook ini, dan tidak hanya sampai disitu saja banyak universitas-universitas lain yang tertarik dengan Facebook ini terbukti 4 bulan kemudian Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.

      Dengan Menitik beratkan dan mengacu pada tujuan awal Facebook di bentuk, membuat saya mengubah profil saya yang sebelumnya 90 % menjadi 99,99 % benar benar diri saya pribadi.

      Karena memang tujuan awal setelah saya mempunyai akun Facebook, saya ingin menyambung kembali tali silaturahmi dengan teman – teman lama yang sudah terputus hubungan karena jarak, waktu dan tempat.Saya berpikir, bagaimana teman – teman saya dulu bisa menemukan saya di facebook kalau profil saya palsu atau kurang lengkap, kalau profil saya nggak jelas atau samar – samar.Dari situlah kemudian saya menambahkan info – info mengenai profil saya yang baru.Mulai dari nama, tanggal lahir, sekolah, alamat, foto, dll.Yang Insya Allah tak ada satu pun yang saya buat – buat.

      Yang intinya dari maksud saya adalah seseorang yang mencari saya bisa langsung menemukan keberadaan saya, karena alamat yang jelas dan terdaftar.Dan tidak kebingungan dikarenakan sebab Alamat Palsu ( kata Ayu Ting Ting )

      Pun juga demikian, prasarana - prasarana yang menunjang yang ada pada Facebook, saya pelajari satu persatu, walaupun belum secara keseluruhan tahu akan fungsinya, namu saya gunakan sebagai media sharing yang Insya Allah bisa menjadikan manfaat bagi teman – teman semua.Berbagi mengenai hal – hal yang masih baru, hal – hal yang mungkin belum diketahui, hal – hal yang sedang dicari – cari, dll.

      Titik kesimpulan dari catatan saya tersebut diatas ; marilah kita jadikan Facebook sebagai jati diri kita masing – masing, bukan menjadikan kita sebagai orang lain.Agar tidak menjadikan kesalah pahaman dan fitnah yang tidak diinginkan.

      Banyaknya hal yang terjadi, yang sedikit juga pernah saya alami ; kesalah pahaman dalam menafsirkan maksud komentar, menjadikan kerenggangan hubungan sebagai teman.Percekcokan antar suami istri, perselisihan dengan saudara, permusuhan dengan keluarga. Untuk itu marilah kita jadikan “ Mengucap Kata Yang Baik “ sebagai budaya di Facebook.Karena perkataan yang baik juga merupakan suatu do’a, setuju bukan ?

      Janganlah sampai kita mengulangi kesalahan untuk yang kedua kalinya.Rhoma Irama bilang ‘ Cukup satu kali kita kehilangan tongkat…orang yang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi yang menyadari kesalahannya dan mau memperbaikinya.Marilah kita saling ingat – mengingatkan.

      Untuk teman – teman Facebook semua, baik yang telah lebih dulu mengenal dunia Maya Ini, ataupun yang baru berkecimpung di dalamnya, baik yang masih muda ataupun yang lebih tua dari saya segi umur maupun pengalaman, sebelumnya saya ucapakan permintaan maaf bila mungkin dalam catatan saya tersebuat ada kata – kata yang mungkin menjadikan ganjalan dihati, disini saya bukan bermaksud apa – apa, bukan bermaksud pamer atau merasa sok tau, menyindir ataupun keminter…BUKAN.Disini saya hanya menyampaikan apa yang menjadi “ uneg – uneg “ di hati saya kedalam sebuah tulisan.

      Semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua.Dan terima kasih atas meluangkan waktunya untuk membaca catatan saya ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...