Monday, February 13, 2012

Facebook Sebagai Pengganti Website Pemerintah

     Kira - kira pernah terbayangkan oleh kita tidak, berapa anggaran yang dikeluarkan oleh DPR untuk membuat sebuah website pemerintah.Yang jelas tentunya banyak uang yang dikeluarkan untuk anggaran tersebut.Kalau tidak salah mencapai milyaran rupiah.Wow...fantastis sekali....!!!Bisa dibayangkan, uang sebanyak itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih berguna bagi kemakmuran rakyat apabila tidak dikeluarkan untuk membuat anggaran website pemerintah

     Dan hal itu mungkin dapat terwujud apabila ide dari Keisuke Hiwatashi diterapkan.Seorang walikota Takeo, Jepang yang mencoba memanfaatkan Facebook sebagai pengganti buat website khusus untuk menampilakn informasi tentang kota Takeo.

     Belum lama ini, Walikota Takeo ini telah mengalihkan website kota Takeo ke facebook, dan mengharuskan seluruh staffnya untuk mempunyai akun facebook, yang digunakan untuk bekerja dan memberikan informasi melalui facebook.

     Walhasil dari penerapan tersebut, jumlah pengunjung meningkat 5x lipat dari pemberian informasi melaluli facebook, dibanding ketika memberikan informasi via website sebelumnya.

     Dan jelas hal ini sangat menguntungkan bagi pemerintah mereka, setidaknya untuk biaya yang dikeluarkan.Dalam setahun, biaya untuk website sebelumnya bisa mencapai 6 juta yen, atau sekitar Rp. 600 juta.Namun ketika dialihkan ke Facebook, biaya bisa dikatakan menjadi Nol, atau lebih detailnya hanya membayar untuk koneksi internetnya saja.

    

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...