Saturday, January 19, 2013

Penyanyi Dangdut Senior A Rafiq Meninggal Dunia




" Kalau sudah tiada baru terasa, bahwa kehadirannya sungguh terasa... ".Mungkin memang benar apa yang diucapakan oleh Rhoma Irama dalam sebuah lagunya yang berjudul Kehilangan.

Begitu pula yang sedang dialami oleh keluarga Almarhum A Rafiq.Seperti diberitakan bahwa artis dan penyanyi dangdut senior kawakan A Rafiq telah meninggal dunia pada hari sabtu 19 januari 2013, pada pukul 16.30 WIB di Rumah Sakit Medistra.

A Rafiq meninggal dikarenakan menderita penyakit jantung dan diabetes yang diidapnya sejak lama.Yang sebelumnya memang telah pula dirawat di rumah sakit tersebut selama kurang lebih satu minggu

Almarhum A Rafiq wafat dengan meninggalkan seorang istri, Asiyah, dan tiga orang anak, yakni Fadila A Rafiq, Farhad A Rafiq, dan Fairuz A Rafiq.

A Rafiq dilahirkan pada tanggal 5 maret 1948, di Semarang Jawa Tengah.Ia dikenal sebagai seorang aktor dan juga sekaligus penyanyi dangdut senior  kawakan papan atas Indonesia.

Terkenal dengan lagunya yakni Pengalaman Pertama, yang populer di tahun 1978.Lagu ini kemudian dirilis ulang oleh Nirina Zubir dan Slank dan dijadikan sebagai jalur suara Film Get Married.

 Selain bernyanyi, A Rafiq yang masih mempunyai darah keturunan India Pakistan ini juga berkecimpung dalam dunia akting.Dalam perannya di dunia layar lebar, A Rafiq pernah berduet dengan Farouk Afero.

Selain itu, A Rafiq  juga pernah menjadi seorang sutradara, dengan memnggarap sinetron drama semi musikal yang berjudul Si Miskin Bercinta.Yang melibatkan beberapa musisi dan penyanyi dangdut, diantaranya ; Mansyur S, Djadja Mihardja, Hetty Sundjaya, Ira Safira.

Dalam perannya di dunia akting, A Rafiq cukup bisa dibilang baik, karena memang ia pernah studi akting di LPKJ, yang sekarang disebut  IKJ, dan juga pernah mengikuti workshop tentang pembuatan film yang diselenggarakan TIM bersama Persatuan Artis Film Indonesia.

Beberapa Filmografi A Rafiq :

1.Si Gondrong, tahun 1971
2. Pengalaman Pertama, tahun 1977
3. Pandangan Pertama, tahun 1978
4.Karena Dia, tahun 1978

Album Musik :

Album Musik Bersama OM El Rafiqa

Selamat jalan A Rafiq!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...