Thursday, January 17, 2013

Mengoptimalkan Kata Kunci Pencarian di Google




Sebenarnya mesin pencari atau penelusuran di internet atau yang lebih modern dikenal sebagai Search Engine itu banyak sekali, namun yang lebih dikenal secara umum adalah Google.

Mungkin teman - teman pernah mengalami, mencari sesuatu di internet namun tak menemukan hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan.Ini bisa jadi dikarenakan 2 faktor.

Pertama, memang belum ada seseorang yang meng-upload atau mempostingnya di internet.Kalau ini yang terjadi jelas sia - sia penelusuran kita.Sampai kapan pun tak akan diketemukan file atau artikel yang sedang kita cari.

Namun, apabila dikarenakan faktor yang kedua, yakni pengetikan kata pencarian atau keyword yang tidak tepat di mesin pencarian, bisa jadi artikel atau file yang sedang kita cari sebenarnya ada.Lalu bagaimana untuk kita bisa mengoptimalkan keyword kata kunci pencari di mesin pencarian Serach Engine Google?

Sebenarnya Google mempunyai beberapa rahasia yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita dalam penelusuran untuk mencari suatu artikel atau file di Internet. seperti file mp3, doc, pdf, dan banyak kegunaan lainnya.

Okey, tanpa panjang lebar lagi, saya akan langsung berbagi tips untuk mencari di Google sebagai mesin pencari atau search engine no. 1 di dunia saat ini kepada semua teman - teman pembaca setia SUN MEDIA SHARED.

Dibawah ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk penelusuran mencari sesuatu di Internet melalui Google Search Engine, agar menjadi lebih optimal :

Tips 1: Untuk mencari website atau weblog yang mengandung dua atau lebih kata tertentu. Misal kalian ketikkan Sayur Becek pada Google maka search engine tersebut akan menampilkan website atau blog yang mengandung 2 unsur kata tersebut yaitu kata Sayur dan Becek.

Tips 2: Untuk mencari website atau weblog yang mengandung frase tertentu secara pasti. Sebagai contoh apabila kalian mengetikkan kata "Sayur Becek" dengan tanda kutip di frase tersebut pada Google maka search engine akan menampilkan website atau blog yang mengandung frase kata Sayur Becek dengan dua kata tersebut tidak terpisah tetap menjadi satu frase Sayur Becek.

Tips 3: Untuk mencari website atau weblog yang mengandung dua kata, menimal salah satu unsurnya terpenuhi. Apabila kalian mengetikan blog or tips dengan menambahkan or diantara dua kata tersebut pada Google maka search engine akan menampilkan website atau blog yang memiliki minimal salah satu unsur dari kata tersebut yaitu blog atau tips.

Tips 4: Untuk mencari website atau weblog tertentu dengan menggunakan frase tertentu dimana satu kata sebagai filter untuk tidak menampilkan website atau weblog dalam penelusuran Google yang mengandung kata tersebut. Misal kalian ketikkan pulsa-tabloid dengan menambahkan tanda – pada kata yang terakhir tersebut pada Google, maka search engine akan menampilkan website atau blog yang mengandung kata pulsa namun yang mengandung unsur kata tabloid tidak akan ditampilkan atau dieliminasi dalam penelusuran Google.

Tips 5: Untuk mencari halaman/pages yang ada pada website atau weblog tertentu, formatnya site:domain misalnya kalian ketikkan site:sunotoagungwibowo.blogspot.com pada Google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang ada pada sunotoagungwibwo.blogspot.com.

Tips 6: Untuk mencari halaman/pages yang mengandung kata atau frase hanya pada satu website atau weblog tertentu saja, formatnya site:domain(spasi)keyword misalnya kalian ketikkan site:sunotoagungwibowo.blogspot.com Tips Google pada Google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mengandung kata Tips Google hanya pada site:sunotoagungwibowo.blogspot.com bukan pada situs lainnya.

Tips 7: Untuk menampilkan halaman website atau weblog dengan judul tertentu saja, formatnya intitle:(kata kunci="") misalnya kalian ketikkan intitle:Cara Mengunci Folder Tanpa Software, maka search engine akan menampilkan judul yang mengandung unsur kata Cara Mengunci Folder Tanpa Software.

Tips 8: Untuk mencari website atau weblog lainnya yang isinya mempunyai kesamaan juga, formatnya related:domain misalnya kalian ketikkan related:sunotoagungwibowo.blogspot.com pada Google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai kesamaan dengan sunotoagungwibowo.blogspot.com.

Tips 9: Untuk mencari halaman dari website atau weblog yang diperhitungkan sebagai backlink Google, formatnya link:domain misalnya kalian ketikkan link:sunotoagungwibowo.blogspot.com pada Google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai tautan atau link dengan sunotoagungwibowo.blogspot.com serta diperhitungkan sebagai backlink Google. Metode ini bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah backlink Google yang kita punyai dengan melihat pada hasil penelusurannya pada bagian sebelah kanan atas.

Tips 10: Untuk mengetahui arti definisi dari sebuah kata atau frase tertentu, formatnya define:frase misalnya kalian ketikkan define:seo pada Google maka search engine akan menampilkan arti dari kata serp.



Tips 11: Untuk mencari e-book yang berformat pdf Formatnya filetype:pdf(spasi)namanya, misalnya kalian ketikkan filetype:pdf rahasia Opera Mini dan Gratisan pada Google maka search engine akan menampilkan dokumen berformat pdf yang mengandung unsur kata rahasia Opera Mini dan Gratisan. Setelah itu kalian bisa memilihnya untuk langsung mendownloadnya.

Tips 12: Untuk mencari lagu yang berformat mp3 Formatnya intitle:index of?mp3(artis)(album) misalnya kalian ketikkan intitle:index of?mp3 Mirnawati Bekas Pacar pada Google maka search engine akan menampilkan beberapa situs dimana kalian bisa mendownload lagu dari Mirnawati dengan album Bekas Pacar.

Tips 13: Untuk mencari foto atau gambar yang berformat jpeg. Ada dua cara yang bisa kita gunakan, yaitu:
1. Formatnya filetype:jpeg misalnya kalian ketikkan filetype:jpeg pada Google maka search engine akan menampilkan situs yang bisa diambil foto atau gambarnya. Namun, mungkin cara yang kedua di bawah ini mungkin lebih baik karena Google memang sudah menyediakan khusus untuk penulusuran image.
2. Langsung buka browser kalian baik Mozilla, Internet Explorer, Opera, atau browser lainnya dan masukkan alamat berikut www.images.google.com kemudian masukkan kata kunci yang Anda inginkan, misalnya Nokia 3110 c lalu klik searchimages, maka Google akan menampilkan beberapa foto atau gambar secara visual yang berkaitan dengan Nokia 3110 C dan kalian bisa memilih salah satunya untuk download.

Tips 14: Untuk mencari video yang berformat mp4 atau 3gp, formatnya filetype:mp4(spasi)nama_artis/judul_ videonya atau filetype:3gp(spasi)nama_artis/judul_ videonya misalnya kalian ketikkan filetype:mp4 Rhoma Irama atau filetype:3gp Sebujur Bangkai pada Google maka search engine akan menampilkan situs dimana kita bisa mendownload video Rhoma Irama berformat mp4 atau Sebujur Bangkai yang berformat 3gp.

Tips 15: Untuk mencari crack sebuah program, formatnya crack:nama_ aplikasi misalnya kalian ketikkan crack:winzip pada Google maka search engine akan menampilkan situs yang menyediakan crack untuk program aplikasi winzip tersebut.

Tips 16: Untuk mengetahui waktu di suatu negara, formatnya time in nama negara misalnya kalian ketikkan time in Teheran atau bisa juga ketikkan time in Baghdad untuk mengetahui waktu di Teheran - Iran atau di Baghdad - Irak.

Tips 17: Untuk mengkonversi mata uang, formatnya currency 1 (uang dikonversi="" yang="") in (uang hasil="" konversi=""). Misalnya kalian ketikan currency 1 USD in IDR (artinya konversi US$ 1 ke mata uang Rupiah) atau ketik currency 1 USD in Euro (artinya konversi US$ 1 ke mata uang Euro)

Tips 18: Untuk mengetahui kondisi cuaca di suatu kota, formatnya weather nama kota misalnya ketik weather Hongkong atau weather Washington.

Tips 19: Untuk melakukan perhitungan matematika, adapun untuk operasi perhitungannya * untuk perkalian, / untuk pembagian, ^ untuk pangkat, % of untuk persentase dari, + dan – pasti kalian sudah tahu, Misalnya apabila klaian  masukkan 4+5*6 pada Google maka menampilkan hasil 54, atau jika kalian memasukkan 50% of 10 maka hasilnya 5.

Tips 20: Untuk mengkonversi satuan, misalnya meter ke yard atau inchi. Misalnya kalian masukkan 1 meter in inch maka akan di Google akan menampilkan 1 meter = 39.3700787 inch atau yang lain misalnya 1 barrel in liter maka akan menampilkan 1 US beer barrel = 117.347765 liter atau yang lain misalnya 1 oil barrel in liter maka akan menampilkan 1 oil barrel = 158.987295 liter.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai bekal penelusuran di Search Engine Google.Semoga bermanfaat dan semoga apa yang sedang teman - teman cari ketemu!

No comments:

Post a Comment