Saturday, May 26, 2012

Meng-Uri Uri Kebudayaan Jawa

     Beda tempat pasti juga beda adat kebiasaan dan budaya, karena kebudayaan memang merupakan identitas dari suatu daerah ataupun negara.Dan sudah sepantasnya sebagai penerus generasi kita hendaknya melestarikan adat - istiadat peninggalan nenek moyang, meng -  " Uri - uri " kebudayaan yang telah ada.



      Nah, dalam SUN MEDIA SHARED, saya ingin lebih mengkhususkan untuk berbagi pengetahuan dengan teman - teman semua mengenai Kebudayaan Jawa.

     Kebudayaan atau adat istiadat orang jawa memang telah sejak lama ada bahkan sudah menjadi tradisi khususnya di Kepulauan Jawa.Kumpulan mengenai kebudayaan jawa yang ditulis dalam buku ini dikenal sebagai Primbon.Primbon Jawa ini berisikan tentang kehidupan manusia menurut adat kebudayaan jawa yang telah berlaku turun temurun.Didalamnya berisikan perhitungan mengenai perwatakan, perjodohan, rezeki, mimpi, pemeliharaan kesehatan, dll.

     Akan tetapi harus kita sadari pula bahwa ilmu - ilmu perhitungan dalam Primbon Jawa hanyalah merupakan jalan usaha manusia dalam berikhtiar.Oleh karena itu hendaklah kita tidak mutlak menggantungkan segala urusan kepada primbon tersebut.Karena hanya Tuhanlah Yang Maha Kuasa dan Berkehendak serta menentukan segala sesuatunya.

     Namun, dalam postingan SUN MEDIA SHARED ini tidak hanya sebatas tentang primbon saja yang share, akan tetapi semua hal yang ada hubungannya dengan kebudayaan jawa.Untuk kategorinya bisa kalian baca di link tautan berikut dibawah ini : 

Primbon Jawa
Guyon Waton Bahasa Jawa 

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mari lestarikan budaya jawa pak dhe. Salam wong jowo

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...