Saturday, November 24, 2012

Cara Memasang Widget Script Alexa di Blog




Hai teman teman pembaca setia SUN MEDIA SHARED, selamat berjumpa lagi di postingan artikel saya yang ke sekian kali ini.Untuk kali saya masih tetap mengulas tentang seputar Alexa.

Apabila teman - teman sudah membaca artikel di postingan saya yang sebelumnya, pasti kalian akan jadi lebih tahu dan paham tentang apa itu Alexa dan tentunya kini kalian sudah terdaftar di account Alexa.Nah, sekarang kini tiba saatnya untuk kita memasang widgetnya atau memasang script di Alexa blog.

Oh ya, bagi kalian yang belum mempunyai account alexa, silahkan kalian mendaftar terlebih dahulu.Untuk cara mendaftarnya, silahkan baca disini : Cara Mendaftar di Alexa.

Cara Memasang Script Alexa di Blog :

1.Login di Alexa untuk masuk ke account dhasboard kalian, sign in disini : Log In Alexa.
 
Atau untuk cara termudah dan praktis langsung menuju ke menu widgets Alexa.Klik disini : Build Widgets Alexa. Untuk menu loginnya ada dipojok kanan atas.

NB :
Namun saya sarankan bagi yang belum mempunyai account di alexa untuk memilih Sign In melalui account Dhasboard saja, dan harus terlebih dahulu mendaftarkan diri di alexa.Karena kita bisa menjumpai banyak menu didalamnya seperti analytic square blog kita, daftar pengunjung blog kita, dll yang bisa kita gunakan untuk mengavaluasi sumber traffic blog kita.

2.Setelah Log In, Klik menu Dhasboard

3.Lalu kemudian klik menu + Add a Site.Lihat gambar dibawah ini :



4.Pilih yang Free Sign Up, paling kiri :



5.Kemudian isikan url blog kalian



6.Setelah itu akan tampil menu Claim Your Site, yakni untuk memverifikasi blog dengan memasang kode ID verifikasi alexa blog kita.



Dalam menu ini terdapat dua cara pilihan, Upload file di blog dan verifikasi ID di home page blog.Untuk menu ini saya biasa memilih cara yang kedua.Untuk meilih ini caranya :
  • Buka tab baru dan masuk ke dhasboard blog kalian 
  • Klik Menu Template
  • Lalu pilih menu EDIT HTML disamping menu Customize
  • Setelah masuk menu Template > EDIT HTML, lalu pilih klik Proceed
  • Centang kotak kecil Expand Widget Tempaltes atau bila perlu back up template blog kalian untuk menghindari hal yang tak diinginkan.
  • Lalu setelah itu masukan kode ID verifiakasi html alexa, dibawah tag <head>  
  • Klik Save Template
  • Setelah selesai menyimpan kode, kembali kita menuju tab Claim Your Site alexa kita di tab sebelumnya.
  • Klik Verify my ID
Apabila telah selesai akan terlihat gambar tampilan pemeberitahuan " Your Site is Successfully Claimed "  yang artinya bahwa blog telah terverifikasi.Ditandai dengan munculnya tanda centang putih dalam lingkaran warna hijau.



7.Setelah terverifikasi, lalu kembali kemenu awal dengan mengklik menu Go to the Dahsboard



8.Akan terlihat menu tampilan gambar Dhasboard seperti dibawah ini.Terlihat pagerank blog SUN MEDIA SHARED ketika awal dibuat masih mempunyai pagerank yang cukup tinggi, 6.931.791.



Setelah itu klik menu Site Overview yang ada dibawah nama url blog kalian, akan terlihat gambar seperti dibawah ini :



9.Lalu Klik menu Get Widgets yang berada di pojok kiri bawah ;



10.Setelah mengklik menu Get Widgets, kita akan dibawa menuju menu perintah untuk memasukan url blog kita.Lihat gambar :



Lalu klik menu Build Widgets disampingnya, yang kemudian akan muncul tampilan widgets alexa untuk blog kalian yang sudah ada Rangking peringkatnya beserta kode script htmlnya.Pilih salah satu dari 3 jenis ukuran tampilan widgetsnya yang sesuai dengan blog kalian.

Untuk ukuran tampilan widget ini saya lebih suka yang terkecil, simpel.Seperti dibawah ini ;


 

Pemasangan script Alexa telah selesai.Semoga bermnafaat.

2 comments:

  1. sepertinya kebanyakan blogger memasang widget ini sob, trims infonya:}

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...