Thursday, December 13, 2012

Atasi Flu Dengan Minum Bir

Kantor berita AFP melaporkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa kimia dalam bir bisa membantu tubuh manusia melawan virus penyebab flu.

Namun jangan lantas percaya begitu saja. Pertama, penelitian ini dilakukan dan dipublikasikan oleh Sapporo Breweries, perusahaan bir asal Jepang, melalui Sapporo Medical University milik perusahaan tersebut. Kedua, orang dewasa harus minum 30 kaleng bir untuk mendapatkan cukup humulone, senyawa kimia yang dikatakan bisa melawan virus itu.

Humulone terkandung dalam tanaman hops, salah satu bahan utama pembuat bir, yang memberikan rasa pahit pada minuman beralkohol.

Namun, jika penelitian itu dilakukan dengan pengawasan ketat, ekstraksi humulone bisa memiliki potensi bermanfaat untuk kesehatan. Seperti diberitakan AFP, para ilmuwan di universitas tersebut mengatakan senyawa itu efektif mengendalikan virus saluran pernapasan.

“Virus RS bisa menyebabkan pneumonia serius dan sulit bernapas untuk bayi yang baru lahir dan balita, tapi belum ada vaksin yang tersedia untuk mengatasinya saat ini,” tutur Jun Fuchimoto, seorang peneliti dari perusahaan tersebut. “Kami sedang mempelajari kelayakan pemakaian humulone pada makanan atau produk non-alkohol lainnya. Tantangan yang sebenarnya adalah rasa pahitnya akan sulit diterima anak-anak.”

Namun, majalah Time menulis bahwa bir sendiri memiliki manfaat kesehatan lain, termasuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko Alzheimer, demensia dan serangan jantung.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...